03 June 2009

GARA-GARA PRASANGKA


Beberapa hari yang lalu jantung saya mau copot. Niat menginstal notebook supaya virus jelek itu tidak menyembunyikan file-file saya…eh justru setelah diinstal ulang file itu lenyap tak tersisa Satupun,…andaikan saya tidak berada di pusat penjualan IT itu, mungkin saya sudah teriak. Ah…kesal. ‘ala kulli hal. Semuanya sudah terjadi, insYAllah ada hikmahnya…tapi tetap, saya belum bisa menerima kenyataan itu. Bayangkan!!! SEMUA file-fle saya mulai jaman SMA, laporan-laporan dari semester satu sampai tujuh, LPJ, naskah, gambar dan semuanya LENYAP. PROPOSAL SKRIPSI ????? plus berkas-berkas seminar, tak ada yang tersisa. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Pusing saya.

Back up data sih ada, tapi itu file-file setahun lalu. Sedangkan file-file baru dan –seingat saya- proposal penelitian belum sampat saya back up. Tapi untungnya hard filenya masih ada. Ya Allah berikan saya kekuatan untuk tetap berdiri. Sewaktu di gerai IT tersebut, salah satu tekinisinya dengan penuh rasa tanggung jawab mencoba menghibur saya. “Gini mba’, kami punya program untuk menarik kembali data-data, kami akan usahakan mencoba menarik semuanya”..entah kenapa perasaan saya mengatakan sepertinya semua itu nggak berguna, paling-paling Cuma 10% yang kembali. Tapi biarlah namanya saja ikhtiar.

Besoknya saya kembali. Setelah menunggu beberapa menit, datanglah salah satu pengelola gerai IT tersebut. Entah kenapa, dari rumah saya selalu merasa sepertinya usaha ini nihil. Lima belas menit saya membuka semua file-file hasil penarikan program tersebut. Perasaan saya betul, malah hanya sekitar 1 % yang kembali itupun hanya beberapa dokumentasi KKN. Proposal penelitian??? Tetep, Lenyap. Enggan kembali. Yah sudahlah…mungkin memang saya harus kembali mengetik proposal itu semuanya. Tapi…45 halaman??? Subhanallah. Ah..insyAllah ada hikmahnya. satu-satunya yang menjadi pengobat hati saya adalah firman Allah “boleh jadi engkau menyukai sesuatu tapi ia tidak baik bagimu, dan boleh jadi engkau tidak menyukai sesuatu tapi itu baik bagimu”. Nah…ini yang membuat saya lebih tenang dan terhibur daripada program penarik data tersebut. Saya harus terima, dan…dengan senang hati saya sudah berlapang dada untuk ngetik ulang proposal tersebut. Lumayan!
Sesampai dirumah...saya langsung bersiap untuk mengetik ulang proposal yang lenyap tersebut. Setelah membuka notebook pandangan saya sibuk memperhatikan seisi kamar dan…berhentilah ia pada rentetan CD di atas sebelah kanan tempat tidur saya. Satu CD putih bertuliskan APPAS, Gender, dan transkrip nilai saya ambil dan mencoba membukanya. Setelah CDnya terbaca Tiba-tiba saja…Jreng….hah…ternyata isinya… PROPOSAL PENELITIAN, lengkap dengan resumenya. Alhamdulillah, saya langsung sujud syukur dan tak henti-hentinya memuji Allah plus tertawa bahagia. Saya ingat sekarang, Rupanya malam sebelum seminar proposal saya sempat mem-back up data tersebut. Hah…senangnya.

Hem…pengalaman,..setelah peristiwa menegangkan tersebut, saya mulai rajin mem-back up setiap file baru. Dan…ternyata disini prasangka juga berperan penting dalam setiap perkara. Semua kejadian tersebut sebenarnya berawal dari prasangka atau perasaan. Sebelum diinstal saya pernah membayangkan “sepertinya file-file saya akan hilang”. Ehh..ternyata betul.
Rasulullah bersabda, “Allah bersama Persangkaan hambanya”. jadi, jika kita ingin selalu mendapatkan yang baik-baik, berprasangka baiklah. Oce ????

3 comments:

habibah said...

alhamdulillah, ana jg jd senang dengar ceritata'. mudah2an urusannya lancar na fit.

Muslimah said...

alhamdulillah..
turut senang juga akhirna data2nya bisa kembali...
semangat kak...^_^
semoga cepat ujian meja...

Fitri Salsabilah (Vee) said...

jazakillah khair untuk comentnya,.. iya nih mudah-mudahan ujian mejanya lancar. doakan yah,...